Mengenal Lebih Dekat Dari Abraham Lincoln

Mengenal Lebih Dekat Dari Abraham Lincoln



Newsonpeople - Abraham Lincoln yaitu seseorang pelopor yang menantang ada perbudakan di Amerika. Ia adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-16. Beliau dikenang jasa-jasanya karna sudah menghapus perbudakan di Amerika, dan menjaga persatuan bangsa, serta menghapuskan perbudakan.

Biodata Abraham Lincoln
Nama Lengkap : Abraham Lincoln
Tanggal Lahir : 12 Februari 1809
Tempat Lahir : Hodgenville, Kentucky, Amerika Serikat
Kewarganegaraan : Amerika Serikat
Wafat : 15 April 1865

Kehidupan
Abraham Lincoln lahir pada 12 Febryari 1809, di satu gubuk kecil di Kentucky, Amerika Serikat. Orang tuanya miskin serta tidak berpendidikan. Ayahnya bekerja jadi seseorang petani. Lincoln sendiri cuma mengecap pendidikan sepanjang kurang lebih satu tahun, namun kurun waktu singkat ia bisa membaca, menulis serta berhitung.

Kehidupannya penuh dengan kesusahan, tetapi beliau sudah mengetahui apakah itu kemerdekaan serta perdamaian waktu kecil. Beliau percaya kalau kebanyakan orang mempunyai hak untuk hidup merdeka serta damai. Lincoln mempunyai kekurangan dalam soal bicara yakni bila bicara ia tersendat-sendat atau umum dimaksud gagap. Ibunya cemas juga akan masa depannya karna kegagapannya ini. Walaupun demikian Lincoln tumbuh jadi pemuda yang begitu sadar juga akan kebenaran.

Pada th. 1828, saat ia menyewa kapal angkut untuk mengantarkan barang ke pelabuhan di New Orleans untuk pertama kalinya ia lihat penjualan budak-budak. Ia berkata pada dianya kalau satu waktu ia mesti dapat menghapus perbudakan ini.

Di Amerika sendiri ada ketidaksamaan besar dalam soal filosofi, ekonomi, serta politik pada lokasi Utara dengan Selatan. Orang lokasi Utara lebih moderen pemikirannya, tetapi mereka miskin. Sedang orang lokasi Selatan terbagi dalam golongan bangsawan serta kaya-raya, mereka terbagi dalam tuan tanah yang begitu memercayakan budak berkulit hitam untuk membuat lahannya.

Satu hari saat ia tengah melaksanakan ibadah di gereja, ia mendengar pendeta berkata, ”Allah berikan kesempatan yang sama pada semuanya manusia. ” Lincoln tertegun mendengar pengucapan pendeta itu tersebut, ia juga terksean. Sejak saat itu Lincoln memiliki tekad untuk melatih bicaranya yang gagap jadi lancar supaya dapat buat orang kagum, karna dari pintar berorasi tersebut inspirasi serta pemikirannya dapat sampai serta didukung orang banyak terlebih mengenai kebenaran. Jadi setiap saat ada orang berpidato di gereja atau di sosial orang-orang, ia senantiasa memerhatikan serta pelajarinya.

Perjalanan Karir 

Ketika muda, Abraham Lincoln bekerja dalam beragam bagian hukum. Ia sempat bekerja jadi pembelah kayu pagar, jadi tentara, jadi kelasi di kapal-kapal sungai, juru catat, mengurusi kedai, kepala kantor pos, serta pada akhirnya jadi pengacara.

Waktu ia tumbuh dewasa ia berupaya keras untuk menaikkan pengetahuannya. Ia memakai saat dengan baik dengan membaca semuanya buku yang bisa dibacanya, pada akhirnya ia berhasil jadi pakar hukum pada umur 28 th..

Waktu Lincoln jadi pengacara ia berhasil jadi pengacara populer sesuai sama hasratnya. Ia seringkali memenangi masalah yang membela golongan lemah serta golongan yang benar. Ia jadi pribadi yang begitu dinamis, cerdas dan begitu lancar dalam bicara berlainan dengan Lincoln pada saat itu yang masih tetap kesusahan dalam bicara.

Dunia Politik 

Ia masuk dunia politik pada th. 1832 waktu ia berumur 23 th.. Saat itu ia berupaya untuk diambil jadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah negara sisi Illinois, dibagian barat-tengah Amerika. Tetapi ia kalah dalam penentuan, dua th. kemudan ia berupaya kembali serta menang. Kemudian, ia diambil 3x berturut-turut sesudahnya.

Lincoln memegang teguh perkataannya pasa waktu itu, yakni membebaskan perbudakan. Sepanjang masa jabatannya di parlemen ia memperjuangkan untuk membebaskan perbudakan yang berlangsung di lokasi Selatan. Tetapi, Lincoln memperoleh perlawanan keras dari perwakilan pihak Selatan yang disebut daerah yang bertindak perbudakan.

Jadi Presiden Amerika Serikat 

Linconl mencalonkan diri jadi Presiden. Pada tanggal 6 November 1860, Lincoln dipilih jadi presiden ke-16 Amerika Serikat, menaklukkan Demokrat Stephen A. Douglas, John C. Breckinridge dari Demokrat Selatan, serta John Bell Uni Partai Konstitusi baru.

Ia yaitu presiden pertama dari Partai Republik. Kemenangannya ini ia bisa karna memperoleh kemampuan support di lokasi Utara serta Barat, tak ada nada yang dibuangkan untuk dia di 10 dari 15 negara budak Selatan, serta dia memenangi cuma dua dari 996 kabupaten di semua negara-negara Selatan. Warga Selatan banyak yg tidak mengaku kalau Lincoln jadi presiden Amerika Serikat.

Sebulan menjabat jadi presiden, berlangsung persitiwa perang saudara Amerika pada negara-negara sisi di Utara serta negara-negara sisi di Selatan pecah. Meskipun ia membenci perang, Presiden Lincoln menerimanya jadi hanya satu jalan untuk menyelamatkan persatuan negara.

Pada pertengahan perang saudara, Presiden Abraham Lincoln keluarkan Proklamasi Pembebasan yang merubah hidup orang banyak di Amerika. Proklamasi itu menyebutkan semuanya budak belian di negara-negara sisi maupun beberapa daerah negara-negara sisi yang melawan Amerika Serikat juga akan bebas mulai 1 Januari 1863.

Wafat Dunia 

Abraham Lincoln yaitu Presiden Amerika Serikat yang ke-16, menjabat mulai sejak 4 Maret 1861 serta jadi Presiden di Amerika Serikat sejumlah 2 kali sampai berlangsung momen pembunuhannya.

Saat melihat teater dengan istrinya di teater Ford, Washington, Amerika Serikat. Presiden Lincoln ditembak oleh seseorang bernama John Wilkes Booth, pada 14 April 1865 serta wafat esok harinya tanggal 15 April 1865 pada umur 56 th..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Tentang Perjudian di Indonesia

Mengenal Arthur Neville Chamberlain

Biografi Luis Figo, Mantan Pemain Bola Terbaik Dunia